TAKEN FROM μDESK OF DEDE HENDRIONO

Sikap Mental Penulis Blog Sukses

Setelah membahas kebiasaan jelek penulis blog baru pada artikel sebelumnya, sangat tidak berimbang jika hanya membahas hal-hal jeleknya saja. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari sepak terjang para penulis blog sukes. Seperti apa dan bagaimana perilaku penulis blog yang sukses? Namun sebelum membahas lebih jauh tentang prilaku penulis blog sukses, saya sebagai penulis akan menggaris bawahi kata “sukses”. Sukses disini bukan hanya dilihat dari sisi “materi” (baca; pendapatan) yang di peroleh sang penulis blog namun juga seberapa jauh penulis blog tersebut di kenal didunia maya dan eksis sebagai seorang penulis blog walau terkadang terkenalnya seseorang tidak berbanding lurus dengan pendapat yang di peroleh, bisa saja lebih besar atau justru sebaliknya. Itu berarti penilaian yang diberikan merupakan pandangan saya sebagai penulis, namun terkadang jika kita konfirmasi pada pemilik blog, mungkin mereka akan menyangkal bahwa mereka telah berhasil menjadi penulis blog yang sukses. Indikator yang akan saya sampaikan bersifat relatif yang tentu saja di lihat dan di nilai dari cara pandang saya terhadap prilaku-prilaku penulis blog yang saya anggap sukses. Indikator-indikator yang akan saya tuliskan dibawah ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktekan. Dan mungkin saja indikator tersebut bukanlah hal penting jika di tilik dari sisi anda sebagai pembaca, namun bagi saya secara pribadi indikator tersebutlah yang sedang saya terapkan pada diri saya sendiri sebagai penulis.

Dibawah ini dipaparkan beberapa bagian penting yang perlu untuk ditelaah agar mampu terbentuk pola pikir seorang penulis blog yang sukses.

1. Tekun

Tekun merupakan kunci sukses berikutnya untuk seorang penulis blog. Perilaku ini mudah diucapkan namun sulit di lakukan. Salah seorang penulis blog senior mengatakan (identitasnya memang tidak jelas) “Membaca soal kesuksesan dari ngeblog, bisa kaya dari ngeblog, bisa menghasilkan duit dari blog, adalah semangat buat mereka untuk ikutan ngeblog tapi seringkali mereka hanya membaca dan mengambil kesimpulan hasil dari penulis blog yang sukses itu saja tanpa mempedulikan proses perjuangan para penulis blog yang sudah sukses seperti apa dan ketika mereka sampe titik tertentu belum bisa (baca: belum juga sukses), ujung-ujungnya adalah berhenti. Menjadi penulis blog itu berawal dari hobi dulu dan apabila sudah nyandu, semuanya akan berjalan dengan sendirinya termasuk soal monetize.”

Penulis blog hebat memahami bahwa keberhasilan dalam mengelola blog tidaklah terjadi dalam semalam namun tidak pula jika disebut lambat. Untuk menjadi seorang penulis blog yang hebat perlu ketekunan, kerja keras, belajar yang serius dan tidak mudah menyerah. Hal ini memang tidaklah mudah. Membangun blog menjadi unik dan menonjol dari blog lainnya merupakan sebuah kompetisi yang sangat ketat, sangat menguras waktu, energi dan usaha. Kegigihan dalam menciptakan artikel yang menarik dan layak baca merupakan modal dasar seorang penulis blog dalam arti ketekukan sangat berperan dalam membangun sebuah blog. Ketekunan anda dalam membangun blog merupakan cara untuk membangun kepercayaan diantara para pembaca, mereka akan merasa nyaman berlama-lama di blog anda, menunggu artikel berikutnya serta mengajukan pertanyaan, membantu menjawab pertanyaan, atau bahkan memberikan masukan yang membangun. Contoh, ProBlogger.net bukanlah blog yang sprektakuler di dunia maya, namun mereka membangun blog dengan ketekunan tinggi, hingga mampu menjadi blog yang handal dan dihormati karena ketekunan penulis dalam menciptakan artikel demi artikel. Hal ini yang memainkan peran besar pada blog mereka hingga seperti saat ini.

2. Konsisten

Tanggung jawab, kesadaran, adil, bijaksana dan lain sebagainya bukanlah sesuatu yang diperoleh dengan belajar secara formil. Ini menggambarkan bahwa sikap mental positif yang dimiliki oleh seorang penulis blog sukses bukanlah hal yang identik dengan banyaknya sertifikat dan seberapa besar nilai yang diperoleh. Sikap mental ini merupakan bentuk konsistensi yang merupakan faktor penting bagi seorang penulis blog sukses.

Seorang penulis blog akan mempertahankan niche (hal unik) dan secara konsisten mereka akan menulis subjek-subjek pada artikelnya dengan pendekatan yang terarah. Bahkan ketika mereka menuliskan suatu artikel yang tampak berada diluar topik niche, mereka akan berusaha menghubungkannya dengan cara yang mereka kuasai agar pembaca tetap tertarik dengan apa yang di bahas pada artikel. Penulis blog yang hebat akan menerbitkan artikelnya secara teratur, terpola dan dengan prediksi yang tepat.

3. Ahli

Mungkin anda berkali-kali bertanya dalam hati tentang apa yang membuat anda mengunjungi sebuah blog populer? Apa yang membuat anda mengikuti saran atau membeli sebuah produk? Apa yang membuat anda merasa bahwa blog tersebut memang layak untuk dibaca? Ini adalah pengertian ahli. Ahli mampu membangun kepercayaan dan handal sehingga menarik pembaca untuk kembali dan kembali lagi, itu semua karena keinginan dan harapan mereka terpenuhi.

4. Semangat

Perjalanan seorang penulis blog tidaklah selalu mulus, bersiaplah untuk menghadapi kekecewaan dan rintangan. Bagi seorang penulis blog hanya semangat kuatlah yang akan membuat mereka tetap menjalani masa-masa sulit. Penulis blog hebat sangat bersemangat dan mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dunia maya sebelum mereka terjun. Mereka tetap bersemangat bahkan tidak peduli apakah mereka berhasil mendapatkan uang atau tidak, keadaan yang memang sangat sulit namun mereka yakin hal itu tidak akan pernah menggagalkan semuanya. Orang yang selalu bersemangat dalam bekerja akan memantapkan langkahnya hingga tercapai apa yang mereka inginkan, mereka tidak peduli dengan konsekuensinya. Mereka akan terus berusaha membakar semangat mereka ditengah malam, memicu otak, merencanakan, dan selalu siap dengan berkurangnya waktu untuk istirahat alias ngantuk disiang hari. (asli bin original ngantuk saat menulis artikel ini).

Jika anda tidak bersemangat dalam membangun blog, hal ini justru membuat anda sulit berhasil. Blog akan memberikan gambaran kepada pembaca tentang penulisnya dan memancing pemikiran pembaca sehingga mereka akan mampu melihat apakah blog yang dibangun itu bermanfaat atau hanya sekedar mencari uang. Jika hanya sekedar mencari uang, maka bersiaplah jika para pembaca pergi dan takkan pernah kembali. Bukannya uang yang didapat tapi ........ (isilah titik-titik dengan “stresss”)

5. Rutin

Kelola waktu dengan sebaik-baiknya. Mengatur, memprioritaskan dan menjadwal sehingga anda tidak mengalami konflik serta mampu menetapkan waktu yang tepat. Buatlah suatu rencana utama dan jadwal penerbitan artikel, kemudian taatilah jadwal tersebut tanpa lagi memperdulikan hal lain. Jaga keseimbangan yang sehat antara kehidupan pribadi anda dan kegiatan dunia maya, jangan sampai satu hal mempengaruhi hal lainnya. Memang tidak semua penulis blog memerlukan penjadwalan, tetapi mereka dapat mengarahkan jalur yang sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Jika anda memelihara lebih dari satu blog, penjadwalan sangat membantu rutinitas.

6. Inisiatif

Berfikirlah layaknya seorang pengusaha. Penulis blog yang sukses akan berusaha mencari dan mendapatkan sisi lain dari pesaing-pesaingnya. Mereka memiliki pandangan untuk menemukan jalan dan oportunisme. Mereka tidak berdiam diri untuk menunggu orang lain jika mereka menginginkan sesuatu untuk di raih, mereka akan berusaha mendapatkannya dengan tekad dan semangat tinggi.

7. Rendah Hati

Ingat bahwa kita berada didunia internet tidaklah hanya sehari, seminggu atau sebulan maka janganlah berbohong. Ingatlah masyarakat maya akan melihat dan memperhatikan anda. Jadilah diri sendiri apa adanya dan tulislah hal-hal yang menginspirasi hidup anda. Di dunia maya ini terdapat 2 jenis penulis blog; yaitu penulis blog asli dan penulis blog gadungan. Penulis blog sejati adalah asset berharga, mereka sangat dihormati dan dikagumi oleh pembacanya. Sedangkan penulis blog gadungan memiliki kecenderungan menceritakan dan melukiskan dirinya sebagai orang yang besar dari pada keadaan sebenarnya dan mengklaim dirinya secara berlebihan. Anda bisa saja mengklaim secara berlebihan dan bersuara dengan lantang, namun akhirnya masyarakat maya akan menyadari bahwa apa yang anda sampaikan itu adalah dusta. Masyarakat maya akan terus mengingat hal tersebut dan anda akan terjebak dalam tingkah laku sendiri dengan merasa besar dalam ruang yang sempit. Bahkan masyarakat maya akan memantu gerak-gerik anda, menelusuri latar belakang anda hingga akhirnya anda tidak mampu bergerak walau hanya menulis sebuah tanda titik.

Seorang penulis blog sejati tidak akan membesar-besarkan dirinya, tidak akan berdusta, dan tidak akan berani membuat sebuah klaim tanpa dasar. Pembaca akan menghargai kejujuran dan tetap akan menjaga kepercayaan mereka pada diri anda. Sangatlah mudah bagi seorang penulis blog terkenal untuk menjadi sombong, karena merasa memiliki banyak pembaca dan pelanggan. Namun mereka sebenarnya tidak menyadari telah masuk dalam sebuah perangkap yang menjatuhkan pribadinya dan akhirnya hilanglah predikat penulis blog top pada dirinya. Arogansi adalah hal besar yang kosong. Penulis blog sukses nan hebat akan tetap sederhana dan rendah hati karena mereka sadar bahwa keberhasilan mereka sangat bergantung sepenuhnya pada orang lain terutama pembaca, link dan media sosial. Jika suatu hari anda berhasil menjadi penulis blog terkenal, ingatlah bahwa itu semua di bangun dan diperjuangkan untuk menjadi besar oleh orang lain. Apalah artinya artikel bagus, tersusun rapi namun tanpa pembaca? Selalu ingat bahwa keberadaan pembaca adalah asset berharga yang membuat blog anda menjadi besar. Jadikanlah blog sebagai perjalanan seorang manusia dalam memperoleh pengalaman indah.

8. Konten adalah Raja

Penulis blog yang sukses selalu mengatakan “konten adalah raja”. Hal ini sangat sering kita dengar, namun begitu banyak penulis blog yang hanya mendengar tanpa mampu merealisasikan pada blognya yang akhirnya artikel yang mereka buat tidak berbicara tentang apapun. Lalu apa reaksi pembaca ketika menemukan blog dengan konten tidak jelas? Klik tombol “Close Tab” secepat mungkin jika perlu mereka menekan tombol Close dengan satu kedipan mata. Penulis blog hebat sangat memperhatikan artikel. Mereka selalu menulis artikel yang berguna, informatif dan mampu mengajak pembacanya untuk beraksi. Konten yang efektif dan unik akan menarik lalu lintas dan jika ternyata tidak sesuai dengan target maka upaya lebih lanjut sangat diperlukan. Analisis pasar, niche, konten dan hal lain yang diperlukan.

9. Perbaiki Diri

Penulis blog sukses menjalani pekerjaannya dengan gaya hidup yang sehat dan up-to-date terhadap teknologi. Pikiran yang sehat dan tubuh yang kuat akan meningkatkan efisiensi sehingga menjernihkan dan mempertajam pemikiran dalam membuat artikel. Anda mungkin akan sulit memahami bagaimana hal tersebut sangat membantu sampai anda melakukannya sendiri. Tetaplah menggunakan teknologi, bergabung di forum, membaca artikel dan mengikuti penulis blog lain.

10. Ciri Khas

Penulis blog sukses tahu bagaimana menciptakan ciri khas yang unik. Apa yang membuat blog anda menonjol, unik dan menarik? Itu bukanlah apa yang anda tulis tetapi “Itulah Anda!”. Identitas anda yang membuatnya menjadi unik, sehingga pembaca akan menemukan identitas anda dan menghubungkannya sebagai niche anda. Ciri khas atau merk adalah hal yang sangat penting. Blog anda mungkin saja bercerita tentang hal yang sama dengan penulis blog lainnya dan mungkin juga memiliki kemampuan menulis yang sama serta kreativitas yang sama, namun tetap ada yang membedakan anda dengan jutaan blog di luar sana. Salah satu pembeda unik dari ciri khas anda dan bisa saja sangat menguntungkan adalah nama domain sendiri. Blog yang baik dan memiliki ciri khas unik atau bahkan merupakan merk blog anda merupakan hal yang paling mudah untuk memperkenalkannya pada pembaca. Maka jadikanlah diri sendiri sebagai hal yang unik, khas, dan jadikan brand identity.

11. Respon Terhadap Kritik

Penulis blog hebat sangat respon dengan kritik. Seiring dengan meningkatnya popularitas sebagai penulis blog maka berbanding lurus dengan jumlah kritik yang diterima. Kritik merupakan bagian dari sebuah permainan dan keberhasilan tanpa kritik tidaklah terasa begitu manis. Jauhkan emosi dalam menghadapi kritik dari para pengkritik yang jumlahnya akan terus bertambah seiring semakin populernya blog yang anda kelola. Saya bahkan tak mampu membayangkan ketika seorang penulis blog berhasil lolos dari serangan dan kritik media. Hal ini memanglah buruk bagi seorang penulis blog karena internet telah membentuk dunia global tanpa hukum dan tanpa penguasa, dan kritik akan sangat cepat menyebar seperti merambatnya api diatas pemukaan minyak. Penulis blog hebat mampu mempelajari dengan baik kapan suatu kritik itu harus didengarkan dan kapan suatu kritik harus dibiarkan tanpa respon. Namun, penulis blog hebat terkadang menerima ancaman yang sangat berbahaya, dan mereka telah belajar untuk menjaga hal-hal yang bersifat pribadi. Semua penulis blog pernah menerima kritik baik itu positif maupun kritik negatif, terutama pada tahap ketika sebuah blog beranjak populer, dan penulis blog hebat tidak akan terkungkung hingga jatuh dalam genangan kritik. Sebaliknya, mereka akan menekan balik dalam menghadapi kritik serta menyadari bahwa itu adalah batu loncatan untuk meraih kesuksesan.

12. Membatasi Diri

Jika anda menanggapi setiap email yang masuk maka anda akan kehilangan banyak waktu. Penulis blog hebat harus mampu mengembangkan diri dan mampu mengatakan “tidak”. Namun tetap harus menghormati waktu pembaca dan memanajemen mereka. Mengelola waktu dan kemampuan berkomunikasi bukanlah hal mudah. Ketika anda baru saja memulai untuk belajar membatasi diri, kehilangan pembaca karena apa yang dilakukan (atau tidak dilakukan) mungkin hal yang sangat menakutkan. Ketahuilah bahwa membatalkan atau membatasi sebuah permintaan dengan sopan santun tidak akan mengurangi jumlah pembaca anda.

13. Interaksi

Penulis blog hebat sering menjalin kerjasama melalui jejaring media sosial yang saling menguntungkan. Mereka biasanya membangun persahabatan dibelakang layar. Hubungan seperti ini telah berhasil mempopulerkan artikel pada suatu blog bahkan ketika artikel yang dibuat tersebut tidak terlalu baik. Para penulis blog terutama penulis blog Indonesia sering sekali mengabaikan manfaat dari hubungan ini. Bahkan keadaan sebaliknya, para penulis blog Indonesia saling merugikan satu sama lain, menjatuhkan dan merasa tidak nyaman jika blog orang lain berkembang pesat. Jelas ini adalah sikap mental yang harus di sisihkan, belajarlah berjiwa besar dengan saling menghormati satu sama lain. Buang jauh-jauh pemikiran lebih tahu, lebih bisa dan lebih hebat, karena pemikiran tersebut justru merupakan awal kemunduran seorang penulis blog.

Mulailah dari hal kecil dengan berteman melalui jejaring media sosial. Karena sekelompok orang yang saling bekerja sama akan melahirkan sesuatu yang berharga hingga bisa dijadikan suatu rekomendasi. Setiap penulis blog populer biasanya merupakan superstar pada beberapa jejaring sosial. Lihatlah saja jumlah pengikut mereka dan mungkin anda akan merasa menjadi makluk paling konyol di planet ini. Ingatlah bahwa kerja keras akan membuat pembaca dengan suka rela menjadi pengikut blognya. Penulis blog populer adalah penggemar media sosial. Mereka akan berbicara dengan orang lain secara terbuka untuk berdiskusi dan memberi saran, dan ini akan tercermin pada jumlah pengikut mereka di jejaring media sosial. Interaksi dengan pembaca adalah jalan untuk membangun jaringan yang kuat. Sebuah blog bukanlah jalur satu arah dari ribuan penulis untuk jutaan pembaca. Sebuah blog bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga merupakan cara berkomunikasi antara penulis blog dengan pembacanya. Penulis blog hebat akan dengan senang hati untuk berinteraksi dengan pembacanya, menjawab emailnya, saling berkomentar, dan meminta umpan balik. Berinteraksi dengan pembaca akan membangun kepercayaan, loyalitas dan mendorong partisipasi mereka. Ini akan membuat anda semakin dekat dan mudah untuk diakses. Jadikanlah menulis sebagai sarana untuk menciptakan kenyamanan dan menjaga para pembaca tetap santai, maka anda akan terhubung dengan pembaca sampai dengan tingkatan lebih pribadi. Ketika seseorang membaca artikel anda dan kemudian berkomentar, balaslah mereka dengan sebuah pengakuan dan ucapan terima kasih. Jika pembaca tweet salah satu artikel kita, ambillah dengan retweet. Jika sesama penulis blog, maka ceklah blog mereka, baca dengan seksama dan informasikan kepada yang lain jika itu dianggap layak untuk diinformasikan.

14. Ringkas

Pembaca datang ke blog anda untuk belajar sesuatu, tak seorang pun ingin terjadi kesalahan baca atau menimbulkan perdebatan terutama secara online. Penulis blog yang hebat tahu bagaimana mencuri perhatian pembaca dan kemudian mempertahankan mereka agar tetap nyaman. Mereka lebih suka artikel pendek yang mudah dipahami, mudah untuk di copy dan disisipkan ke dalam artikel, menggunakan judul yang menarik dan menyediakan daftar yang berurutan untuk memudahkan pencarian.

15. Berdedikasi dan Aksesibel

Penulis blog hebat jarang sekali menghilang tanpa sebab, mereka tidak hadir dalam hitungan jam kecuali dalam keadaan tertentu. Bila keadaan memaksa mereka untuk hadir pada blog, mereka akan mengatur penerbitan artikel untuk blog tamu (penulis blog lain yang terjalin dalam jaringan) untuk menutupi ketidakhadiran mereka. Ini menunjukan kegigihan yang patut di tiru dan merupakan cara terbaik menghormati pembaca.

16. Efisiensi Email

Penulis blog sukses sangatlah efisien menggunakan email untuk berinteraksi dengan pembaca secara aktif. Mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dan saran. Ini adalah sebuah pengabdian yang hebat. Kita bisa mempelajari mereka dalam menggunakan dan menguasai seni email sebagai sarana untuk menjawab dengan cepat dan tepat terhadap sesuatu yang dibutuhkan pembaca. Penulis blog hebat mampu mengklasifikasikan email penting, membalas dengan singkat padat dan jelas, menanggapi email yang bermanfaat, menyisihkan email yang tidak penting ditanggapi, dan mereka mampu mengelola waktu dengan sangat baik dan efisien.

17. Tetaplah Menulis

Jika anda ingin meraih kesuksesan sebagai seorang penulis blog, teruslah menulis. Penulis blog yang hebat sangat produktif dalam menulis. Semakin sering menulis, maka semakin baik kualitas artikel. Semakin banyak artikel yang terbit, semakin banyak kesempatan artikel muncul di mesin pencari. Sederhananya, semakin banyak konten semakin banyak pengunjung. Penulis blog hebat adalah pekerja keras dan tidak ada cara lain kecuali teruslah berusaha. Membangun sebuah blog yang sukses membutuhkan banyak sekali waktu untuk duduk di depan komputer. Dan itu berarti kita harus mampu mengatur waktu dengan serius, meneliti, menulis dan mengedit ulang artikel. Kita tidak perlu menemukan niche yang terbaik dan berkualitas. Anda hanya perlu memancing otak untuk menemukan ide-ide segar. Ketahuilah bahwa pembaca terkadang tidak terlalu peduli dengan tata bahasa, yang penting kita mampu menyampaikan ide dan pendapat yang ada didalam pikiran. Jika ternyata pembaca mengalami kesulitan untuk memahami artikel yang telah ditulis, itu merupakan masukan bagi penulis untuk memperbaiki keterampilan menulisnya.

18. Sabar

Jika kita mengikuti perjalanan seorang penulis blog sukses dari awal, maka kita akan melihat bahwa mereka mengelola blognya selama bertahun-tahun hingga akhirnya mereka meraih kesuksesan. Tidak ada penulis blog yang sukses dalam semalam, itu berarti kita harus sabar dan belajar sabar. Pada titik dan kondisi tertentu, kita akan menemukan tantangan dalam mengelola blog. Jangan pernah menyerah dengan tekanan dan tantangan. Menemukan tantangan merupakan peluang emas bagi kita untuk belajar. Mampu beradaptasi dalam situasi yang sangat sulit akan mampu membuat kita terbiasa untuk menyesuaikan dan menyusun strategi yang lebih baik.

19. Tetap Mencari Informasi

Jika saya perhatikan maka banyak dari penulis blog sukses yang menganjurkan untuk membaca sebanyak mungkin. Membaca membuat kita tahu tentang perkembangan terbaru dan memperluas wawasan serta prespektif kita. Penulis blog hebat tidak pernah berhenti untuk belajar. Mereka akan mengatakan “tetaplah up-to-date dengan semangat ngeblog tinggi”.

20. Kreatif

Kreativitas akan melahirkan kekaguman. Kami mengagumi kreatifitas karena hal tersebut akan membawa dan mampu menciptakan nuansa baru nan indah ke dunia ini. Banyak penulis blog sukses sebenarnya diawali dari cara menentukan niche dari awal, mereka membuat dan menciptakan sesuatu yang bermakna berawal dari ketiadaan. Penulis blog yang hebat mampu menjalin kerjasama yang kreatif, sehingga interaksi antara mereka dengan pembaca akan melahirkan sesuatu yang segar dan mengagumkan.

21. Dorong Kesuksesan

Seorang penulis blog hebat adalah visioner bahkan ketika mereka belum memulainya, mereka mengetahui arah yang akan dilewati. Tentukan tujuan yang realistis dan bayangkan masa depan, semakin diri menyadari akan masa depan, semakin keras (dan efisien) dalam bekerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jaga tujuan anda dalam pikiran dan jangan teralihkan oleh tugas yang lebih kecil dalam kehidupan sehari-hari. Rencanakan apa yang ingin anda capai dengan blog dan kemudian lakukanlah yang terbaik.

22. Investasi dalam Desain

Penulis blog hebat menyadari pentingnya brand, interface dan desain. Blog mereka selalu menarik untuk diperhatikan karena selalu memasukan fitur-fitur baru. Desain berkualitas tinggi dapat membuat blog anda tampak profesional dan layak untuk diperhatikan sehingga mereka akan berusaha menelusuri bagian demi bagian dan ini merupakan sisi lain untuk ditelusuri selain artikel yang tersedia. Pro-aktiflah untuk meningkatkan kualitas blog anda. Jika anda merasa perlu desain baru, lakukanlah dengan baik. Jika anda menginginkan pengunjung yang lebih banyak, lakukan penelitian dan terapkan apa yang telah anda pelajari.

23. Jaringan

Jaringan sangat penting untuk meraih kesuksesan. Link penulis blog hebat sering menjadi referensi untuk artikel; mereka menyebarkan “link cinta”. Jika anda melakukan hal sama, anda akan dipuji dan menerima ucapan terima kasih karena telah membantu penulis blog lain, dan orang lain yang terbantu akan merasa berhutang budi kepada anda. Mereka akan dengan senang hati mengirimkan link menuju ke website anda. Nama anda akan di sebutkan didalam artikel dan bisa saja penulis blog lain akan memperkenalkan anda kepada teman-teman penulis blog mereka. Hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan. Penulis blog sukses memperhatikan pembaca mereka untuk memperoleh rangking di Google. Mereka tidak mempermasalahkan dalam memberikan link balik (back link) ke blog dengan Page Rank rendah. Banyak penulis blog terperangkap SEO dan jumlah link; mereka hanya ingin memperoleh rangking tinggi dengan memasang link pada blog mereka dan mereka tidak suka berbagi link dengan blog berangking rendah.


Artikel Terkait

Kebiasaan Jelek Penulis Blog Baru

Menjadi penulis blog bukanlah hal sulit asalkan kita mau terus belajar dan belajar lagi agar menjadi profesional. Tidak ada suatu tingkat keahlian yang bisa dipelajari dalam waktu yang sangat singkat. Butuh waktu yang lama agar kita menjadi besar dan profesional. Penulis blog bisa saja berawal dari suatu hobi namun tidak sedikit yang kemudian menjadi pekerjaan menyenangkan. Penulis blog harus benar-benar menjiwai blog yang dikelolanya. Penulis blog sangat memperhatikan blog yang dibuatnya, merawatnya, terus meningkatkan kualitas blognya, dan pada akhirnya blog menjadi rumah keduanya. Ada sisi baik maka ada pula sisi jeleknya dalam mengelola blog. Artikel ini akan membahas tentang kebiasaan jelek para calon dan penulis blog baru....

Memanfaatkan Internet Sebagai Sumber Belajar

Jadilah guru yang benar-benar profesional dengan mampu menggunakan berbagai fasilitas yang sudah tersedia seperti halnya internet sebagai sumber belajar sehingga proses transfer ilmu menjadi lebih efektif dan efesien tentunya dengan harapan tujuan mulia pendidikan akan tercapai dengan waktu relatif singkat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal....

Silahkan Berkomentar