TAKEN FROM μDESK OF DEDE HENDRIONO

Membuang Notifikasi Get Windows 10

Hari ini beberapa teman menceritakan tentang sebuah notifikasi yang muncul pada sistem tray komputer. Ketika icon bergambar bendera Windows tersebut di klik maka sebuah pesan berupa slide muncul pada desktop. Pesan slide pada desktop tersebut pada intinya adalah sebuah informasi tentang anjuran untuk meng-update sistem operasi windows yang sudah ada ke sistem operasi windows terbaru yaitu Windows 10 secara gratis jika sistem operasi yang ada sekarang memenuhi syarat (salah satu syarat mutlaknya adalah menggunakan sistem operasi windows yang legal alias berbayar).

Get Windows 10 Free Upgrade
Gambar 1. Get Windows 10 Free Upgrade

Windows 10 memang sistem operasi yang dinanti sebagian banyak orang, hal ini karena sistem operasi sebelumnya memiliki beberapa permasalahan dan sulit dioperasikan bagi sebagian orang. Bagi para pengguna Windows 7 ketika beralih ke Windows 8 akan mengalami banyak sekali kendala, dari mulai mencari Windows Explore hingga mencari Control Panel. Hal ini tentunya menurunkan popularitas Windows 8, sebagian orang bahkan bertahan dengan Windows 7. Para pengguna Windows sadar bahwa cara pemberian informasi bisa menggunakan berbagai cara, namun trik yang digunakan Windows kali ini diluar kebiasaan. Cara menyebarkan informasi tentang sistem operasi baru biasanya dengan menggunakan email atau iklan yang menempel pada berbagai website. Namun kali ini pihak Microsoft menanamkan sebuah perangkat lunak khusus untuk menyampaikan informasi tentang Windows 10.

Masalah Icon Tidak Bisa Buang

Penanaman perangkat lunak tanpa pemberitahuan penggunanya menuai banyak hujatan dari para pengguna Windows didunia. Ada yang sekedar mengkritik saja hingga ada yang mengkampanyekan sebagai tindakan ilegal dengan menuduh bahwa pihak Microsoft telah menanamkan malware pada sistem operasinya. Namun tidak sedikit yang merasa terbantu dengan teknik marketing Microsoft kali ini. Terlepas dari kontrofersi tersebut, mari kita bahas cara membuang notifikasi “Get Windows 10” bagi yang merasa terganggu dengan tampilan icon pada sistem try atau terganggu dengan tampilan slide ketika meng-klik icon Windows-nya. Icon notifikasi “Get Windows 10” akan tampak pada sistem try yang berjejer dengan icon-icon lainya.

Notification Area Icon
Gambar 2. Notification Area Icon

Ketika kita tampilkan Notification Area Icon yang biasanya digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan Icon pada sistem try maka akan tampak ada sebuah icon bergambar bendera Windows dengan keterangan GWX.exe dan dengan deskripsi “Get Windows 10”. Dari namanya dapat kita tebak bahwa GWX adalah kepanjangan dari “Get Windows X” walaupun secara resmi pihak Microsoft tidak memberitahukan hal tersebut. Dari Area Notifikasi ini kita tidak dapat menyembunyikan atau membuang icon GWX tersebut karena perangkat lunak ini telah dialokasikan pada sistem operasi untuk mendominasi tampilan (bahasa halus “pamaksaan”).

Lokasi Get Windows X

Perangkat lunak GWX yang digunakan pihak Microsoft untuk menyampaikan informasi tentang Windows 10 memang ditanam tanpa pemberitahuan. Pihak pengguna tidak tahu kapan perangkat lunak tersebut ditanamkan pada sistem operasinya. Hal ini karena perangkat lunak GWX diinstall kedalam sistem operasi sebagai file Update yang direkomendasikan sehingga sistem operasi merasa perlu untuk melakukan instalasi tanpa pemberitahuan. Perangkat lunak GWX akan dengan sendirinya terpasang pada sistem operasi ketika komputer terhubung ke internet. Perangkat lunak GWX akan terpasang pada sistem operasi penggunanya dan kemudian dijalankan oleh Task Scheduler dengan teknik Autostart. Lokasi penyimpanan perangkat lunak GWX adalah pada folder C:\Windows\system32\GWX

Folder Get Windows X
Gambar 3. Folder Get Windows X

Waktu Update GWX

Melalui halaman resmi Support Microsoft tentang file update yang dijelaskan pada halaman “Update installs Get Windows 10 app in Windows 8.1 and Windows 7 SP1” bahwa perangkat lunak GWX terakhir dirilis/diupdate pada sekitar bulan September 2015, walau mungkin itu bukanlah tanggal GWX dibuat. Gambar dibawah merupakan informasi tentang file update KB3035583 yang terpasang sesuai tanggal update atau tanggal komputer tersebut terhubung ke internet dan melakukan update.

Windows Update KB3035583
Gambar 4. Windows Update KB3035583

File update KB3035583 merupakan file yang didalamnya membawa perangkat lunak GWX dan kemudian menanamkannya pada sistem operasi. File ini sudah dipasang pada sistem operasi cukup lama pada komputer para penggunanya namun notifikasi “Get Windows 10” baru serentak ditampilkan sekitar bulan April 2015.

Uninstall Get Windows X

Perangkat lunak GWX dibawa dan di-install bersama proses Windows Update KB3035583 yang itu berarti GWX hanya bisa dihilangkan apabila kita membuang file Windows Update KB3035583. Uninstall GWX dapat dilakukan melalui langkah dibawah ini:

  • Masuk ke Control Panel > System and Security > Windows Update > Installed Update
Uninstall an update KB3035583
Gambar 5. Uninstall an update KB3035583
  • Setelah ditemukan nama file “Update for Microsoft Windows (KB3035583)”, klik file tersebut kemudian Uninstall.
  • Kotak dialog tentang pemberitahuan proses uninstall update akan muncul.
  • Kotak dialog perintah Restart akan muncul, kemudian klik tombol “Restart Now”
Restart Now
Gambar 6. Restart Now
  • Komputer akan melakukan Reboot.
  • Periksa folder GWX di C:\Windows\system32, jika menghilang berarti perangkat lunak GWX berhasil dibuang.

Icon GWX Muncul Lagi

Hal ini biasanya terjadi apabila setting Windows Update di set pada “Install Updates Automatically (recommended)”. Walaupun kita berhasil membuang file Windows Update KB3035583 namun jika settingan Windows Update disetting otomatis maka setiap komputer terhubung ke internet proses install GWX melalui file KB3035583 akan dilakukan otomatis tanpa kita sadari.

Change Setting Windows Update
Gambar 7. Change Setting Windows Update

Jika kita tidak ingin GWX kembali lagi ubah settingan Windows Update menjadi “Check for updates but let me choose whether to download and install them” yang berarti pengguna dapat memilih file-file Update yang akan diinstall pada sistem operasi. Jika kita tidak tahu mengenai update, ubang settingan Windows Update pada “Never check for updates (Not recommended)” walau hal ini tidak pernah direkomendasikan oleh Microsoft.

Jika GWX kembali terinstall pada komputer kita, lakukan unistall file update KB3035583 lagi melalui cara diatas, kemudian ubah settingan Windows Update.

Mencegah GWX Terpasang Otomatis

Untuk menecegah GWX terpasang otomatis, setting Windows Update untuk tidak melakukan installasi secara otomatis. Jika Windows Update tidak secara otomatis terinstall, maka kita bisa memilih file-file update yang akan diinstall. Saat komputer terkoneksi ke internet masuk ke Control Panel\System and Security\Windows Update kemudian klik kanan pada file dengan kode KB3035583, pilihan akan muncul. Pilih “Hide Update” untuk mencegah file update tersebut kembali lagi terinstall pada komputer.

Hide Windows Update KB3035583
Gambar 8. Hide Windows Update KB3035583

Kesimpulan

Para pengguna Windows pada umumnya masih bertanya-tanya tentang Windows 10. Dan saya yakin sebagian masih ragu sehingga bertahan dengan sistem operasi sebelumnya baik Windows 7 maupun Windows 8, bahkan mungkin ada yang masih menggunakan Windows XP. Sepanjang sejarah sistem operasi Windows, kita sama-sama tahu bahwa setiap sebuah sistem operasi baru dirilis maka akan selalu ada kegagalan, error, bahkan celah berbahaya bagi keamanan data digital kita. Tidak ada sistem operasi Windows yang dirilis dan kemudian sukses tanpa masalah.

Dan kita juga tahu bahwa pihak Microsoft pun tidak akan tinggal diam ketika teknik pemasaran mereka dibuang begitu saja tanpa ada tindak lanjut yang signifikan dari para pengguna sistem operasi Windows. Kedepannya tentu para pengguna akan menghadapi teknik marketing lain, atau bahkan masih menggunakan GWX dengan metode berbeda. Maka menghilangkan GWX pun akan semakin menantang (sulit). Namun jika hal tersebut terjadi secara berulang maka hal ini justru menunjukan bahwa pihak Microsoft tidak transparant (licik) dalam memasarkan Windows 10.

Pada akhirnya kembali pada para penggunannya, apakah akan bertahan dengan sistem operasi Microsoft Windows yang lama atau melakukan upgrade ke Microsoft Windows 10, atau bahkan beralih ke sistem operasi Open Source. Semua terserah anda…


Artikel Terkait

Eclipse ADT Failed to Create JVM

Failed to create the Java Virtual Machine adalah permasalahan yang sering muncul bagi para pengguna Eclipse. Hal ini karena pada umumnya masalah muncul karena kesalahan menentukan alokasi memori untuk server Java. Server Java adalah Virtual Machine yang berfungsi sebagai framework untuk menjalankan aplikasi yang berjalan diatas Java seperti halnya Eclipse. Seperti halnya Virtual Machine lainnya, Java membutuhkan resource yang mengambil dari resource yang tersedia pada komputer. Kesalahan dalam menentukan resource membuat Java tidak mampu berjalan maksimal bahkan tak mampu berjalan sama sekali. Artikel kali ini membahas tentang cara mengatasi masalah Failed to create the Java Virtual Machine dan memahami Java Heap Memory Size....

Kendalikan Presentasi dengan Android

Office Remote mengubah ponsel Anda menjadi sebuah remote cerdas yang mampu berinteraksi dengan Microsoft Office pada PC Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengontrol Word, Excel, dan PowerPoint dari seberang ruangan, sehingga Anda dapat berjalan-jalan dengan bebas selama presentasi....

Silahkan Berkomentar