TAKEN FROM μDESK OF DEDE HENDRIONO

Kebiasaan Jelek Penulis Blog Baru

Banyak sekali yang bertanya baik melalui email, facebook, twitter, forum, grup atau tempat-tempat lain tentang langkah awal menjadi seorang penulis blog dan apa yang harus dilakukan. Pada artikel kali saya akan memaparkan dulu hal-hal yang harus dihindari bagi para penulis blog yang baru saja berniat untuk terjun ke dunia blog. Baru dalam arti memang baru mengenal blog atau baru memang ingin kembali menekuni dunia blog yang sempat ditinggalkan karena satu dan lain hal. Kebiasa-kebiasaan yang akan dipaparkan sebagian merupakan pengalaman pribadi, pengalaman orang lain atau temuan-temuan dari sahabat penulis blog lainnya. Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu siapa saja yang memberikan kontribusi pada bagian-bagian dibawah ini, karena pengalaman yang diambil berasal dari sumber-sumber tercecer yang kemudian di sederhanakan.

Harus Dihindari Penulis Blog Baru

Dibawah ini dipaparkan beberapa hal yang harus dihindari oleh calon dan penulis blog baru. Karena pada umumnya para penulis blog yang senior lupa untuk mengingatkan hal-hal dibawah ini. Bahkan tidak jarang para penulis blog senior justru menyarankan hal-hal yang sebenarnya justru harus dihindari. Maka telitilah hal-hal dibawah ini dengan baik. Apakah ada diantara dibawah ini yang ternyata sering kita lakukan selama ini?

1. Jangan Menulis Artikel dengan Niche Yang Tidak Disukai

Niche adalah pemilihan kata khusus atau sekumpulan kata khusus yang spesifik untuk menjangkau taget pasar internet (internet marketing). Contoh, saya menggunakan sekumpulan kata spesifik “celana dalam levis untuk para biker”. Sekumpulan kata tersebut merupakan sekumpulan kata unik yang memiliki target khusus, maka sekumpulan kata unik tersebut dikenal dengan istilah niche keyword.

Banyak sekali para penulis blog yang baru belajar tentang dunia blog membaca-baca kisah orang lain yang telah sukses, kemudian mereka terkontaminasi dengan apa yang dibahas oleh mereka, sehingga mereka berusaha mengikuti jejak penulis blog sukses tersebut sampai dengan topik artikel yang ditulisnya, seakan mereka ingin seperti penulis blog sukses favoritnya dengan cara mencontoh topik-topik yang mereka bahas, walaupun menghasilkan topik artikel yang mirip namun harus diingat titik berat artikel blog yang kita kelola. Mengikuti langkah mereka membangun blog bolehlah sama, namun topik yang dibahas janganlah terlalu memaksakan diri hampir sama dengan penulis blog sukses. Carilah topik artikel yang benar-benar anda kuasai, karena topik yang anda sukai bahkan (lebih bagusnya) jika itu adalah hobi anda akan menghasil niche keyword yang lebih baik tanpa kita sadari. Jauhkan kepentingan anda untuk menjadi penulis blog sukses dalam sekejap, lebih fokuslah pada subjek yang akan anda tulis. Hindari menulis hal-hal yang tidak anda sukai, karena itu akan menjebak cara berfikir anda, yang pada akhirnya akan kehilangan topik bahasan, lebih parahnya lagi berhenti menulis. Terbengkalailah blog yang sudah susah payah dibuat.

2. Jangan Terobsesi dengan Jumlah Pelanggan (Subscriber)

Tolok ukur paling umum untuk menentukan sebuah blog besar adalah jumlah pelanggan artikel dari blog tersebut. Namun jangan sampai kita terjebak dengan jumlah pelanggan. Tetaplah bangun blog hingga memiliki basis atau jumlah artikel yang semakin banyak sehingga dengan sendirinya jumlah pelanggan blog anda juga akan terus bertambah. Hal yang paling berbahaya adalah terjebak dalam hitungan jumlah pelanggan, padahal sang pemilik blog saja merasa tidak percaya diri dengan apa yang dibahas pada blognya atau bahkan blog tersebut hasil contek sana contek sini. Pertama; Ingatlah bahwa kita tidak bisa memaksa seseorang untuk berlangganan, kita tidak bisa mengendalikan situasi seperti itu, yang pada akhirnya kita frustasi dengan blog sendiri. Kedua; Pelanggan setia itu lebih berharga walau berjumlah sedikit karena mereka dengan seksama dan akan membaca artikel yang telah kita tulis dengan teliti sehingga mampu memberikan masukan (kritik atau saran) pada penulis blog, sedangkan pelanggan biasa itu jarang atau tidak pernah membaca postingan yang sudah kita buat. Sehingga untuk memberi gambaran seberapa besar blog dengan melihat jumlah pelanggan yang sudah berlangganan adalah hal yang harus dihindari. Banyaknya jumlah pelanggan bahkan membuat sang pemilik blog menjadi terjebak dengan angka hingga membuatnya lupa akan topik utama dari blog yang dibuat. Fokuskan untuk menemukan pembaca yang aktif dan tingkatkan komunikasi dengan mereka, bukan hanya melalui daftar pelanggan saja.

3. Jangan Melewatkan Koreksi Artikel

Mengkoreksi artikel mungkin salah satu hal yang membosankan, namun hal ini adalah wajib. Kita mungkin bisa saja membiarkan kesalahan yang ada di beberapa bagian artikel kita, tetapi kesalahan yang dibiarkan tersebut akan mengalihkan pembaca setia dan bahkan meninggalkan artikel-artikel kita. Jika bahasa Inggris bukanlah bahasa utama anda sedangkan artikel dibuat untuk pembaca internasional berbahasa Inggris, rajin-rajinlah untuk mempelajari susunan kata yang baik. Edit dan koreksi artikel setelah menulis dan sebelum diterbitkan. Jika anda berdua, penulis dan editor, berikan rentang waktu sekitar satu jam antara menulis dengan mengkoreksi artikel. Buatlah salinan dari versi aslinya dan periksa ejaan serta tata bahasa pada artikel yang akan dan telah diterbitkan.

4. Jangan Abaikan Desain

Banyak penulis blog meremehkan pentingnya desain. Setiap pengunjung yang baru pertama kali singgah secara keseluruhan akan memperhatikan tampilan dan nuansa blog. Tiga atau empat widget yang penuh sesak pada sidebar dan kurang berguna justru akan membingungkan pengunjung. Pengunjung biasanya akan tinggal cukup lama jika mereka merasa nyaman dengan desain blog yang kita buat. Kombinasi warna yang nyaman di pandang mata adalah faktor penting lainnya dari sebuah desain blog. File gambar bisa meningkatkan penampilan blog, namun menambah beban load halaman. Blog terlalu berat juga menjadi masalah untuk pengunjung, terutama bagi blog yang baru mulai tampil didunia maya.

5. Jangan Menulis Tidak Beraturan

Kunci kesuksesan seorang penulis blog adalah teratur dan konsisten pada artikel blog. Banyak sekali penulis blog yang begitu bersemangat menulis pada awal kemunculan blognya namun setelah itu frekwensinya menurun hingga akhirnya tidak teratur. Itu membuat pembaca blog anda perlahan tapi pasti rontok satu persatu. Buatlah rencana utama dan jadwal, kemudian terbitkan secara teratur.

6. Jangan Mudah Menyerah

Kesabaran adalah faktor yang sangat penting bagi seorang penulis blog. Semua orang pasti ingin mendapatkan uang secara online dengan cepat, dan mungkin anda pernah melamun mendadak kaya dalam semalam. Jika anda penulis blog pemula atau bahkan calon penulis blog, menjadi seorang penulis blog itu tidak semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan kerja keras dan kesabaran, karena penulis blog yang sukses dalam semalam itu hampir tidak ada jika tidak disebut jarang. Jangan mudah menyerah…!

7. Jangan Periksa Statistik Terus-menerus

Statistik lalu lintas bisa saja menjadi candu dan hal tersebut bisa menggelincirkan penulis blog kedalam kebiasaan kompulsif untuk terus menerus memeriksa statistik lalu lintas sehingga lupa dengan topik yang harus di bahas. Memeriksa statistik setiap beberapa jam tidak akan mengubah hasil statistik secara signifikan terhadap blog. Buatlah jadwal khusus untuk memeriksa statistik blog, bisa sehari sekali, seminggu sekali atau waktu-waktu lain yang sudah ditetapkan. Dan juga kita bisa saja menyisihkan waktu sebulan sekali dengan jumlah jam yang lebih banyak lagi untuk menganalisis blog lebih mendalam sehingga kita mampu mengambil suatu kesimpulan lebih bagus lagi dalam peningkatan kualitas blog.

8. Jangan Mengejar Lalu Lintas (Traffic) Sosial Media

Sosial media memang bisa mendatangkan dan meningkatakan lalu lintas ke blog, tetapi bisa saja hal tersebut akan menjadi gangguan besar. Terlalu sering bermain-main dengan sosial media justru akan membuat anda lupa tujuan awal membuat blog yang pada akhirnya lupa pula untuk menuliskan artikel pada blog. Ingatlah bahwa artikel adalah raja, yang merupakan aset utama dan yang paling bertanggung jawab untuk meningkatkan lalu lintas blog. Pastikan bahwa anda membagikan pekerjaan hanya yang terbaik untuk sosial media, dan perhatikanlah kehebatannya.

9. Jangan Jadi Pecandu Jejaring Sosial

Jangan jadi pecandu jejaring sosial. Sebagian besar dari kita (penulis blog) menjadi sangat kecanduan dengan jejaring sosial. Jauhkan Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya saat kita sedang bekerja. Matikan semua fasilitas chat dan gunakanlah jika memang diperlukan. Menetapkan waktu blogging sangat membantu kita meningkatkan kualitas artikel.

10. Jangan Termanjakan Feed dan Forum

Forum dan RSS Feed adalah cara terbaik untuk mengetahui perkembangan terbaru, sehingga kita bisa memantau pelanggan melalui feed tentang artikel yang sudah kita tulis. Namun banyak penulis blog menghabiskan waktu setiap harinya hanya untuk menelusuri feed yang sebenarnya tidak menarik untuk di bahas. Akan lebih baik kita hanya berlangganan melalui feed dan menelusurinya setiap bulan dan singkirkan hal-hal yang tidak perlu untuk dibaca, jangan biarkan kita menghabiskan banyak waktu setiap harinya. Demikian pula dengan forum, forum besar akan membantu lalu lintas blog kita namun kita tetap harus berhati-hati, karena bisa saja kita terjebak didalam forum tersebut yang akan menghabiskan waktu dalam berpartisipasi. Forum juga bisa saja menjadi candu, terutama jika sering mendapatkan email pemberitahuan tentang balasan dari orang lain pada postingan anda. Tetap atur kunjungan forum sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan aktifkan notifikasi email untuk hal yang penting saja. Berhentilah berlangganan setelah topik-topik atau pertanyaan-pertanyaan anda mendapat tanggapan yang memuaskan.

11. Jangan Berkomunikasi Secara Tidak Teratur

Berkomunikasi dengan penulis blog lain (misal; blogwalking) adalah bagian penting dari kegiatan blogging, namun banyak orang kemudian terjebak dengan asyiknya kegiatan ini hingga akhirnya menghabiskan banyak waktu. Tetap organisir dengan baik untuk memeriksa email-email yang masuk kedalam inbox. Kategorikan jenis email yang kita terima dan buatlah template tanggapan untuk mereka, atau buatlah sebuah halaman FAQ (Frequently Asked Questions) secara rinci. Kelola kotak masuk dengan efisien dengan menggunakan folder. Periksalah email dua kali sehari dan kita pun tidak perlu menanggapi setiap email yang diterima.

12. Jangan Toleransi Plagiarisme

Kita bisa bebas untuk mengunjungi blog favorit kita, kemudian membaca artikel yang disajikan untuk memperoleh inspirasi, namun jangan di copy paste. Artikel yang kita buat haruslah asli jika kita ingin dikenal. Orang yang ingin serius menggarap blognya harus memperhatikan bahwa menyalin kemudian menyisipkan artikel orang lain secara acak itu justru akan membuat anda tidak mendapat pengakuan dari kalangan pembaca dan pastinya akan sulit untuk mencapai sukses dengan kebiasaan menjiplak dan atau menerbitkan ulang (repost) artikel orang lain. Melakukan penelitian secara menyeluruh untuk menghasilkan artikel berkualitas tinggi dan unik akan membuat blog anda memiliki kelas tersendiri, hal ini juga akan membuat anda menjadi seorang yang unik dengan gaya yang unik pula.

13. Jangan Mengurangi Tujuan

Ketika seseorang gagal ngeblog, sering kali karena mereka tidak mempunyai tujuan yang jelas. Menetapkan tujuan yang jelas dan realistis sangat berguna karena hal tersebut merupakan motivator hebat bagi seorang penulis blog. Apakah tujuan anda membuat blog adalah mendapatkan sejumlah pengunjung, komentar, iklan atau apapun itu, memiliki tujuan yang jelas membuat kita mampu berbagi waktu dari rutinitas tugas yang berjubel.

14. Jangan Menulis Hal yang Terlalu Pribadi

Setiap penulis blog memiliki kehidupan pribadi, kehidupan yang jauh dari dunia blog, dan itu bukanlah hal yang jelek. Namun ingat bahwa sebuah blog bisnis bukanlah buku harian, dan artikel yang anda buat itu harus singkat, padat dan jelas. Kita harus mengingat bahwa pembaca meninggalkan hal-hal yang tidak menarik bagi mereka. Ketika kita harus menulis tentang kehidupan pribadi, pintar-pintarlah memilah dan memilih dari sisi mana kita harus menarik garis.

15. Jangan Hanya Berbagi Berita

Jika blog anda mempunyai lalu lintas yang tinggi dan mantap, anda bisa saja menulis dan menerbitkan artikel tentang berita yang anda ketahui dengan baik untuk meningkatkan lalu lintas blog. Namun jika blog anda memiliki lalu lintas yang rendah dan sedikit maka hindari artikel yang terfokus pada berita, karena hal tersebut bisa saja membuat pengujung tidak bertahan lama pada blog anda, karena blog berita akan mendapat saingan yang cukup berat dari blog raksasa seperti Tempo, Kompas, Detik, dan beberapa blog besar lainnya. Blog-blog tersebut tentunya melakukan pekerjaan dengan serius, benar dan efisien. Ciptakan keunikan pada blog anda untuk membedakan dengan blog orang lain, anda bisa saja memilih rute atau alur yang berbeda dengan blog lain pada umumnya.

16. Jangan Nyepam

Jangan menyebarkan link blog sendiri ketika anda berkunjung pada blog orang lain, dan hindari menjadi komentator pertama di setiap posting pada blog yang memiliki lalu lintas rendah. Hindari juga membalas setiap komentar pada blog sendiri.

17. Jangan Pasang Iklan di Mana-mana

Beberapa penulis blog membuat kesalahan dengan berfikir bahwa mereka dapat dengan seenaknya memasang iklan dimana-mana pada blognya dengan harapan mampu meningkatkan pendapatan melalui iklan. Dalam kenyataan hal ini justru sebaliknya, bahkan hal yang sangat merugikan salah satunya mempengaruhi kualitas SEO. Terlalu banyak iklan pada blog tanpa disadari akan menganggu pembaca dan atau justru mengusir mereka. Jangan buang-buang waktu anda dengan meyakinkan pembaca akan sebuah produk dengan menuliskan artikel-artikel atau deskripsi dengan kata-kata bohong atau licik. Minimalkan pemasaran affiliasi dan pembaca akan setia pada blog anda.

18. Jangan Biarkan Ide Menghilang

Manusia adalah makhluk dengan berbagai keterbatasan, salah satunya keterbatasan memori. Ide datang dan pergi begitu cepatnya dari dalam memori kita, maka perlu sekali bagi seorang penulis blog untuk menuliskannya jika ia tiba-tiba menemukan ide yang menarik untuk diangkat sebagai tema artikel. Jangan andalkan memori anda. Siapkan draft posting dengan sebaik-baiknya, sebagai tindakan preventif ketika ide tiba-tiba hadir dan mengalir seperti air.

Kesimpulan

Setiap hal yang akan, sedang dan sudah kita kerjakan selalu saja melahirkan konsekuensi yang harus kita hadapi, pun demikian menjadi penulis blog. Menulis blog bukanlah hal sulit, namun juga bukanlah perkara mudah. Asalkan kita mau terus untuk belajar dan belajar, maka suatu hari tanpa terasa kita sudah menjadi bagian dari sekumpulan penulis blog hebat. Waktu akan berbicara lebih baik dari mulut kita. Maka teruslah belajar dan berusaha untuk menjadi penulis blog yang diharapkan pembaca namun tetap kita bisa menikmatinya. Memang membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi profesional, namun segala sesuatu yang kita usahakan maksimal akan berbuah hal manis pula. Selamat belajar…


Artikel Terkait

Sikap Mental Penulis Blog Sukses

Keinginan terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Lalu dimana letak kesalahannya? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah rencana dan proses (kebiasaan). Terlalu sering kita terjebak dalam pertanyaan tersebut tanpa berusaha menjawabnya. Demikian pula dalam dunia tulis menulis artikel blog, untuk menjadi sukses ternyata tidaklah mudah, namun tidak pula sulit. Kita hanya perlu memperbaiki secara terus menerus kualitas proses menjadi seorang penulis blog hingga terbentuk kebiasaan sukses. Terus belajar untuk menjadi penulis blog sukses, maka perlahan tapi pasti akan terbentuk pola pikir yang sukses pula. Pola pikir yang sukses akan secara otomatis mengarahkan tindakan (proses) kita menuju kesuksesan. Artikel kali ini akan membahas tentang perilaku dan sikap mental penulis blog yang (akan) sukses. Seperti apa sikap mental penulis blog penulis blog sukses?...

Silahkan Berkomentar