TAKEN FROM μDESK OF DEDE HENDRIONO

Bunga Mawar Usir Kista

Batal operasi pengangkatan kista setelah konsumsi rutin seduhan kelopak bunga mawar. Mawar Rosa sinensis bukan sekedar bunga untuk mengungkapkan cinta. Bunga yang telah dibudidayakan sejak 5.000 tahun lalu itu menjadi idaman di berbagai belahan dunia. Siapa sangka bunga itu juga menjadi bagian dari pengobatan dunia. Sejarah mencatat bahwa tanaman berduri itu juga menjadi kunci kekuatan Inggris dalam aksi militer Perang Dunia II. Demi menjaga daya tahan tubuh, para tentara mengonsumsi ekstrak mawar setiap hari. Di negeri Tiongkok, mawar sebagai herbal untuk mengatasi berbagai penyakit terutama pencernaan sejak 5 tahun sebelum masehi (SM).

Gambar 1. Bunga Mawar

Rosnida Chaniago di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, merasakan khasiat mawar. Benjolan yang bersarang diluar rahimnya sejak Agustus 2012 sembuh dengan konsumsi seduhan kelopak mawar. Semula, wanita yang akrab di panggil Nida itu tidak menyangka mengalami gangguan di bagian organ reproduksi. Sebab, ia tergolong rajin mengonsultasikan masalah kesehatan rahim ke dokter kandungan di sebuah rumahsakit di Bogor, Jawa Barat.

Kista

Nida mulai mencurigai ada yang tidak beres terjadi di tubuhnya sejak menstruasi selama satu bulan penuh disertai rasa sakit di sekitar pinggul. Ia langsung memeriksakan kondisinya ke dokter di dekat rumahnya di Desa Ciherangpondok, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Dokter menuturkan bahwa itu merupakan dampak penggunaan alat kontrasepsi. Siklus menstruasinya terhenti setelah ia rutin mengonsumsi obat dokter itu. Namun, keluhan sakitnya masih tetap terasa.

Panas dan nyeri rasanya,” kata Nida yang merasakan sakit itu semakin menjadi-jadi usai bersebadan. Ia khawatir dengan organ reproduksinya. Itulah sebabnya Nida langsung menghubungi dokter kandungannya. Hasil ultrasonografi (USG) menunjukan bahwa ada benjolan kista di luar rahim sebelah kiri. Perasaan takut dan cemas seketika itu menghantui Nida. “Khawatir jadi kanker,” katanya.

Ukuran kista Nida ternyata sudah mencapai 5 cm, dokter pun menyarankan Nida untuk segera menjalani operasi pengangkatan kista. Menurut dokter spesialis obsetri-ginekologi dari Rumahsakit dr Sardjito, Yogyakarta, dr M Nurhadi Rahman SpOG kista adalah cairan yang terbungkus oleh suatu kantung tipis yang dapat tumbuh di bagian mana pun di tubuh. Kebanyakan masyarakat mengaitkan kista dengan kista yang hadir di indung telur atau biasa di sebut kista ovarium.

Jenis kista itu memang lumrah dialami oleh wanita. “Prevalensinya sekitar 7% dari populasi perempuan mengalami kista ovarium,” kata Nurhadi. Kista bisa menimbulkan sakit atau keluhan bilamana terpuntir, pecah, tumbuh hingga melebihi 5 cm dan tergolong ganas atau kistadenoma. “Penanganan untuk mengatasi kondisi itu ialah operasi,” kata Nurhadi.

Kelopak Mawar

Nida enggan menjalani operasi karena takut terhadap proses pembedahan. Padahal keluhan sakit di tubuhnya semakin parah. Ia kerap mengalami serangan nyeri mendadak di pinggul hingga menyebabkan lemas dan mengerang kesakitan. Nafsu makan pun berkurang karena mual dan lemas.

Berbagai pengobatan alternatif pun coba ia tempuh. Namun, hasilnya nihil. Akhirnya ia menyerah dan memutuskan untuk menjalani operasi. Saat menunggu waktu yang tepat untuk menjalankan tindakan medis itu, tetangganya, Ujang Edi, tak sengaja berkunjung ke rumahnya. Nida kemudian menceritakan keluhannya kepada Edi. Ketika itulah Edi menyarankan Nida untuk mengonsumsi seduhan kelopak bunga mawar. Harapan sembuh pun kembali membuncah sejak Nida rutin meminum seduhan 10 kelopak bunga mawar bersama 250 ml air hangat setiap malam.

Ia menggunakan jenis mawar yang biasa tumbuh di pekarangan. Tiga hari setelah rutin mengonsumsi, kondisi tubuh Nida pun membaik. Nyeri dan panas di sebelah bawah pinggul berangsur berkurang. Ia pun akhirnya urung menjalani operasi. Nida benar-benar merasa pulih setelah sebulan mengonsumsi herbal itu. “Badan saya terasa ringan, siklus menstruasi saya pun kembali normal,” kata perempuan kelahiran 30 tahun silam itu.

Antioksidan

Menurut Nurhadi salah satu cara mencegah kista hadir di tubuh adalah mengonsumsi antioksidan. “Antioksidan akan membantu menangkal radikal bebas dan merupakan salah satu pencetus kista, terutama yang mengarah keganasan,” kata dokter alumnus Univeritas Gadjah Mada itu. Riset terbaru pada 2012 oleh Soni Himesh dari Fakultas Farmasi Lakshmi Narain College, Bophal, India, membuktikan bahwa bunga mawar tokcer menangkal radikal bebas.

Dalam penelitian itu para periset menggunakan jenis mawar Rosa damascene. Mawar mengandung senyawa kuersetin dan flavanoid yang tinggi. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang bertanggung jawab melawan efek samping karsinogen penyebab kista.

Selain rajin mengonsumsi antioksidan, bergaya hidup sehat, olahraga teratur, tidak merokok, konsumsi makanan yang merupakan cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan. Konsumsi sekuntum bunga mawar cara lain mencegah penyakit datang.

Sumber : Obat Tradisional, Halaman 52, Trubus 526 – September 2013/XLIV


Artikel Terkait

Bawang Dayak Peluruh Batu Ginjal

Penyebab terbentuknya batu ginjal adalah konsumsi makanan yang mengandung asam urat atau purin tinggi. Beberapa makanan yang mengandung purin seperti jeroan, emping, ikan, dan daging. Air minum berkadar kapur tinggi juga memicu terbentuknya batu ginjal. Umbi Bawang Dayak anggota famili Iridacecae itu memberi efek diuretik. Efek diuretik bekerja dengan mengurangi reabsorbsi natrium, sehingga pengeluarannya melalui berkemih. Aktivitas diuretik itu memudahkan penghancuran dan pengeluaran batu ginjal....

Tato Alis Picu Hepatitis

Sikap congkak manusia dengan melanggar pelarangan tato ini pada akhirnya akan menuai bala dan bencana, diantaranya adalah para pemilik tato mengalami gangguan liver yakni hepatitis, maupun beresiko tertular penyakit berbahaya lainnya seperti HIV/AIDS melalui penggunaan jarum tato. Bahkan tato dianggap sebagai distributor berbagai penyakit berbahaya dan mematikan termasuk sefilis, tetanus, tuberkulosis dan penyakit darah lainnya....

Begadang Liver Meradang

Allah menegaskan tentang pentingnya tidur diwaktu malam dalam Surat An-Naml ayat 86 yang artinya "Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."...

Minum Berdiri Ancam Liver dan Ginjal

Minum sambil berdiri apalagi dengan cara menuang membuat air lebih cepat sampai ke ginjal dan tak sempat disaring dan tidak terdistribusi dengan baik, bahkan cairan segar itu bisa lebih cepat terbuang. Padahal tubuh kita mengandung sekitar 70 persen cairan dan sangat membutuhkan air. Bayangkan bahwa tulang kita mengandung air sampai 40 persen, darah juga demikian....

Silahkan Berkomentar