TAKEN FROM μDESK OF DEDE HENDRIONO

Bawang Dayak Peluruh Batu Ginjal

Bawang dayak terbukti secara ilmiah mampu meluruhkan batu ginjal. Bagi Saiful Anwar – Yang bersangkutan enggan disebut namanya – buang kecil menjadi kegiatan yang sangat menyiksa. “Setiap buang air kecil terasa nyeri” ujarnya. Urine yang dikeluarkan juga sedikit. Oleh sebab itu frekuensi berkemihnya juga semakin sering. Pada 2001 itu ia juga kerap merasa nyeri pinggang jika duduk terlalu lama. Tak ingin berlama-lama menahan rasa sakit, ayah tiga anak itu segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Dokter menyarankan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk memastikan kondisi Saiful. Hasil USG memperlihatkan terdapat batu di ginjal. “Batu berukuran sekedelai.” Ujar pria berumur 35 tahun itu. Untuk mengatasinya, dokter memberikan obat peluruh batu ginjal. Konsumsi obat dokter memang membuat batu yang terletak di ginjal itu luruh. Namun, sebelas tahun berselang, batu itu muncul lagi di tempat yang sama.

Gambar 1. Bawang Dayak

Ruang Linkup

Bahasan artikel kali ini meliputi:

Kalsium

Gejala yang dirasakan Saiful sama seperti sebelumnya. Dokter pun menyarakannya untuk melakukan operasi atau tembak laser. Penyakit batu ginjal sebagian besar dialami oleh pria. Sebanyak 30% pria di Indonesia berumur 20 – 40 tahun menderita batu ginjal. Dokter spesialis penyakit dalam dari RSUD Soetomo, dr H Arijanto Jonosewojo SpPD menjelaskan, batu ginjal terbentuk akibat konsumsi kalsium berlebihan. Tubuh memang membutuhkan kalsium hingga 800 mg per hari. Fungsinya mencegah osteoporosis, pembekuan darah, dan penyembuhan luka.

Namun, konsumsi berlebihan justru berbahaya. “Kalsium terlalu banyak membuat magnesium terdesak dari albumin sehingga tidak tersalurkan lewat darah,” jelasnya. Akibatnya, ginjal tidak mampu memproses kalsium dan menimbulkan endapan. Kondisi itu disebut hiperkalsiuria. Pada kondisi itu kandungan kalsium dalam air urine mencapai 200 – 350 mg setiap hari.

Penyebab terbentuknya batu ginjal konsumsi makanan mengandung asam urat atau purin tinggi. Beberapa makanan yang mengandung purin seperti jeroan, emping, ikan, dan daging. Air minum berkadar kapur tinggi juga memicu terbentuknya batu ginjal.

Analisis Urine

PerlakuanVolume Urine Rata-rata 24 Jam (ml)pH Urine Hari IpH Urine Hari IKadar Kalsium Hari I (mg/dl)Kadar Kalsium Hari II (mg/dl)
Kontrol Negatif2,506,206,000,080,08
Kontrol Positif7,706,606,400,140,23
Ekstrak metanol2,042,502,480,040,06
Fraksi petroleum eter2,453,072,980,050,07
Fraksi etil asetat2,493,693,570,060,09
Fraksi n-butanol3,524,424,280,080,11

Sumber: Ardina dan Sutomo

Salah satu herbal untuk mengatasi batu ginjal adalah bawang dayak. Riset membuktikan khasiat lain umbi Eleutherine americana. Penelitian Arnida dan Sutomo, keduanya dari Program Studi Farmasi, Universitas Lambung Mangkurat, membuktikan bawang dayak meluruhkan batu ginjal. Riset yang termuat dalam Jurnal Sains dan Terapan Kimia itu menguji bawang dayak secara praklinis terhadap tikus yang dibuat menderita batu ginjal. Caranya, dengan menginduksi hidroksiprolin dosis 2,5 g per kg bobot tubuh.

Dalam risetnya, Arnida membagi tikus yang berbobot tubuh 150 – 200 gram itu kedalam enam kelompok. Masing-masing terdiri atas 5 ekor. Kelompok pertama, kontrol negatif (tidak menerima induksi pembentukan batu ginjal). Kelompok kedua, kontrol positif (menerima induksi batu ginjal dan suntikan larutan Na-CMC 0,5%). Kelompok 3-6 mendapatkan suntikan batu ginjal dan perlakuan ekstrak metanol, fraksi petroleum eter, etil asetat, dan n-butanol bawang dayak dosis 400 mg per kg bobot tubuh. Perlakuan diberikan selama 3 hari. Lalu, air seni hewan ditampung dan ginjal diambil untuk dianalisis.

Diuretik

Analisis urine yang meliputi pH, volume, dan kadar kalsium dilakukan pada hari I dan III. Hasilnya, kelompok perlakukan bawang dayak menghasilkan volume urine lebih banyak dibanding kontrol negatif (seperti yang terlihat pada tabel). Artinya, umbi anggota famili Iridacecae itu memberi efek diuretik pada hewan uji. Efek diuretik bekerja dengan mengurangi reabsorbsi natrium, sehingga pengeluarannya melalui berkemih. Aktivitas diuretik itu memudahkan penghancuran dan pengeluaran batu ginjal.

Pemberian bawang berlian – nama lain bawang dayak – juga meningkatkan kadar kalsium yang dikeluarkan melalui urine. Perlakuan bawang dayak fraksi n-butanol mengeluarkan kadar kalsium 0,11 mg pada hari ketiga. Bandingkan dengan kontrol negatif yang mengeluarkan kadar kalsium 0,08 mg/dl. Semakin banyak kadar kalsium yang dikeluarkan, semakin bayak batu ginjal yang luruh.

Dokter dan herbalis di Bintaro, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dr Prapti Utami selama ini menambahkan bawang dayak untuk mengatasi hipertensi dan diabetes. Ia menjelaskan tidak menutup kemungkinan bawang dayak digunakan untuk mengatasi batu ginjal. Dugaannya, “Bawang dayak bersifat diuretik,” ujarnya.

Prapti menambahkan, bawang dayak juga bersifat vasodilatif alias melebarkan pembuluh darah yang kemungkinan besar juga melebarkan ureter. Sebab, “Sifat otot polos di pembuluh darah dan ureter sama,” ujar alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu. Prapti juga menyarankan, bagi penderita batu ginjal sebaiknya mengonsumsi rebusan ketimbang kapsul bawang dayak agar penyerapannya lebih efektif.

Sumber : Umbi Peluruh Batu Ginjal, Halaman 66, Trubus 538 – September 2014/XLV


Artikel Terkait

Bunga Mawar Usir Kista

Bunga mawar selain indah ternyata menyimpan kandungan herbal yang mampu mengobati penyakit kista. Kista adalah cairan yang terbungkus oleh suatu kantung tipis yang dapat tumbuh di bagian mana pun di tubuh. Kebanyakan masyarakat mengaitkan kista dengan kista yang hadir di indung telur atau biasa di sebut kista ovarium. Mawar mengandung senyawa kuersetin dan flavanoid yang tinggi. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang bertanggung jawab melawan efek samping karsinogen penyebab kista....

Minum Berdiri Ancam Liver dan Ginjal

Minum sambil berdiri apalagi dengan cara menuang membuat air lebih cepat sampai ke ginjal dan tak sempat disaring dan tidak terdistribusi dengan baik, bahkan cairan segar itu bisa lebih cepat terbuang. Padahal tubuh kita mengandung sekitar 70 persen cairan dan sangat membutuhkan air. Bayangkan bahwa tulang kita mengandung air sampai 40 persen, darah juga demikian....

Begadang Liver Meradang

Allah menegaskan tentang pentingnya tidur diwaktu malam dalam Surat An-Naml ayat 86 yang artinya "Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."...

Tato Alis Picu Hepatitis

Sikap congkak manusia dengan melanggar pelarangan tato ini pada akhirnya akan menuai bala dan bencana, diantaranya adalah para pemilik tato mengalami gangguan liver yakni hepatitis, maupun beresiko tertular penyakit berbahaya lainnya seperti HIV/AIDS melalui penggunaan jarum tato. Bahkan tato dianggap sebagai distributor berbagai penyakit berbahaya dan mematikan termasuk sefilis, tetanus, tuberkulosis dan penyakit darah lainnya....

Silahkan Berkomentar